http://ilmu-semua-komputer.googlecode.com/files/js%20misal%20jacob.js http://ilmu-semua-komputer.googlecode.com/files/js%20misal%20jacob.js

Pengertian-Sejarah-Manfaat Internet

      Disini saya ingin memberitahu pengertian dan sejarah tentang internet ini,pasti masih banyak yang belum tahu apa itu Internet dan bagaimana sejarahnya,makanya saya ingin memberitahu tentang itu jika kalian penasaran langsung aja liat sebagai berikut :

                                             Pengertian Internet
  Internet dapat di artikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia,yaitu menghubungkan pemakaian komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia,dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga dinamis dan interaktif
                                                       SEJARAH INTERNET
      Sejarah Internet di mulai pada tahun 60-an,yaitu ketika Levi C.Finch dan Robert W.Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabillitas.Selanjutnya beberapa program penelitian mulai di lakukan untuk melihat mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik.Salah satu solusi yang muncul dari penelitian-penelitian tersebut adalah teknik packet switching.Pada teknik packet switching,data atau file yang berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih dahulu di potong menjadi paket kecil-kecil agar lebih mudah di tangani dan lebih andal.Peneliti utama dalam pengembangan paket switching ini adalah Donald Davies ( NPL ),Paul Baran ( RAND Corporation ),Leonard Kleinrock dan kawan-kawan ( MIT ) dan UCLA Research Programs .
      Pada tahun 1969,Robert Taylor yang baru di promosikan sebagai kepala kantor pemfrosesan informasi di DARPA ( Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat ) bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem yang paling terhubung.Bersama Larry Robert dari MIT,Robert Taylor memulai proyek yang kemudian di kenal sebagai ARPANET.Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara Unifersity of california,Los Engeles ( UCLA ) dan Stanford Research Institute ( SRI ) pada jam 22.30 tanggal 29 Oktober 1969.Pada tanggal 5 Desember 1969,ada dua jaringan lagi yang bergabung,yakni Unifersity of Utah dan Unifersity of California,Santa Barbara sehingga total terdapat empat ( 4 ) simpul jaringan.ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHA.net berkembang sangat cepat.Pada tahun 1981,jumlah simpul yang tersambung menjadi 213.
      Selain jaringan untuk penelitian seperti ARPANET dan X.25,para hobbis komputer juga mengembangkan teknik jaringan sendiri dan yang kemudian cukup populer,yaitu UUCP.Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaiman supaya berbagai jenis peralatan jaringan,seperti telepon,radio,kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain.Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan tata cara komunikasi ( protokol komunikasi ) yang mampu melakukan internetworking,sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu dan menjadi komputer maha besar.
      Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer di bangun menggunakan saluran fisik yang berbeda.Dalam bahasa sederhana,komputer yang terhubung menggunakan telepon,dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio.Hal ini mendorong terjadinya Internetwork ( antar jaringan ) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai " Internet " .
       Selain protokol Internet,hal lain yang tidak kalah penting dalam perkembangan Internet adalah metode pengalamatan di Internet.Jon Postel dari information Science Institute ( ISI ) di University of Southern California ( USC ) adalah orang yang sangat berjasa di balik berbagai alokasi alamat IP Internet, manajemen Domain Name System ( DNS ), tipe media, dan berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di Internet. Hingga wafatnya pada tanggal 16 Oktober 1998, Jon Postel mengelola Internet Assigned Numbers Authority ( IANA ). Pada tanggal 21 Juli 1998, Jon Postel memperoleh Silver Medal dari International Telecommunications Union ( ITU ) atas jasa-jasanya membangun Internet di dunia. Saat ini, IANA dioperasikan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers ( ICANN ).

       Komersialisasi dan privatisasi Internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dengan di ijinkannya Internet Service Provider ( ISP ) untuk beroperasi. Internet mulai booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan e-mail, diskusi bebas di forum, dan Web.
                                                 MANFAAT INTERNET 
       Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet :
1. Informasi untuk kehidupan pribadi : kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani,sosial.
2. Informasi untuk kehidupan profesional atau pekerja : sains, teknologi, perdagangan,saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
       Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara,ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.
       Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

Untuk menggunakan emoticon ini, COPAS kode ke kotak komentar.
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i:
:j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r:
:s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :ab:

0 komentar:

Posting Komentar